RSS

Tips Membeli Komputer Desktop

Helloo...
Pingin punya komputer? tapi dana terbatas atau takut dibihongin sama yang jual? Anda bisa kok merakit sendiri dan lebih puas, selain bisa milih-milih komponen tentunya menambah wawasan dalam dunia hardware komputer....

Berikut beberapa hal penting dalam pemilihan komputer.

1. Processor
Bagi yang belum paham, terkadang kita hanya mengenal procesor atau barand INTEL, padahal dipasaran ada beberapa brand yang beredar. untuk pasar indonesia paling banyak dikuasai oleh INTEL dan AMD.

Dalah hal pemilihan procesor sesuaikan dengan budget anda dan usahakan mengunakan proceosr dengan minimal 2 inti atau dual core untuk intel dan X2 untuk amd, karena dengan pemilihan proces ber inti 2 akan mempercepat proces kerja multitasking...

Untuk pilihan budget terendah bisa dipilih :

AMD Athlon X2 250 3.0 Ghz AM3 socket
INTEL E5300 2.6 Ghz socket 775

2.Motherboard
Motherboard adalah tempatnya semua hardware yang akan dipasang, dalam pemilihan motherboard hal utama yang harus diperhatikan adalah kompabilitas/kecocokan dengan hardware lainnya, Garansi, Service, Fitur dan harga.

Untuk motherboard usaha sudah mendukung memory DDR3 ! kenapa? karena teknologi lama memory DDR2 sudah mulai ditinggalkan serta harganya yang tidak terpaut jauh dengan teknologi baru.

AMD untuk motherboard usahakan membeli dengan chipset SB 710 keatas...dengan dukungan ddr3 tentunya.
INTEL pilihan chipset terendah adalah LGA775 dengan dukungan ddr3.

Jadi carilah motherboard, walaupun dengan budget terbatas..hanya yang mendukung teknologi baru, tujuannya untuk menghindari upgrade yang terlalau cepat.

3. Memory
Gunakanlah memory value jika dana anda terbatas, tentunya DDR3, usahakan juga memory yang mempunyai heatspreader/pelepas panas untuk ketahanan, yang terakhir Garansinya harus jelas...Dalam kapasitas, untuk aplikasi dan OS terbaru disarankan memakai minimal 2Gb untuk kelancaran berkomputer anda.

4.Hardisk
Media penyimpanan miinimum 5000 Gb, karena harga hardisk sudah terjangkau..perhatikan juga garansinya.

5. Powersupply
Salah satu hardware yang sering terlewatkan, padahal fungsinya sangat vital, powersupply merupakan jantungnya PC. Daripada itu carilah power supply dengan pure poweer dan Efisiensi sertifikasi 80+ minimum 4000 watt untuk Low Pc...bisa dari merk Corsair,seasonic,AcBel.Dll.

6. Casing
usahakan casing memiliki sirkulasi udara yang baik yaitu, adanya tempat untuk pemasangan kipas in dan out, serta cukup lega/luas untuk hardware lainnya jika dipasang.

7. Vga
Jika anda bukan maniac game atau tidak untuk bekerja dengan visual yang berat, saya kira VGA onboard dari motherboard sudah cukup. tapi jika anda berniat membeli VGA usahakan minimum yang sudah mendukung Direct 10 microsoft, dengan memory 512 DDR3 dan 128bit.

Semoga panduan ini bisa menjadi wawasan untuk membeli/merakit komputer sendiri, dan jangan khawatir lagi dibohongi orang lain.






0 komentar:

Posting Komentar